5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

Setiap organ yang berada dalam tubuh memiliki peranan penting dalam tubuh salah satunya ginjal. Meskipun berukuran kecil, ginjal memiliki peranan penting yang harus dijaga dalam tubuh. Manusia memiliki dua ginjal yang terdapat dalam tubuh. Organ ini berfungsi sebagai filter yang menyaring zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Setiap hari ginjal menyaring 200 liter darah yang ada dalam tubuh. Limbah atau racun yang tidak terpakai oleh tubuh akan dikeluarkan dalam bentuk urin. Selain itu ginjal juga berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah. Ginjal juga berfungsi menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D.

Fungsi ginjal yang sangat penting untuk tubuh akan dapat berjalan dengan baik jika ginjal dijaga dan dirawat. Pola makan dan minum yang sehat serta olahraga yang cukup akan mempengaruhi kesehatan organ yang berada dalam tubuh terutama ginjal. Cara mudah menjaga kesehatan ginjal yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan pada ginjal.

  1. Minum Air Putih Yang Cukup
    Kekurangan cairan dalam tubuh akan berakibat buruk bagi kesehatan terutama ginjal. Minum air putih bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk ginjal. Dalam sehari usahakan untuk minum air putih sebanyak 1.5 liter hingga 2 liter air putih.
    Namun jumlah air yang dikonsumsi juga bergantung dari kondisi kesehatan tubuh masing-masing. Bagi yang memiliki riwayat batu ginjal minum air putih yang cukup sangat dianjurkan.
  2. Menjaga Pola Makan
    Pola makan yang sehat akan mempengaruhi organ yang terdapat dalam tubuh. Berat badan yang berlebih atau obesitas akan meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami berbagai jenis penyakit mulai dari diabetes, penyakit jantung hingga penyakit pada ginjal.
    Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi serta kurangi mengonsumsi makanan daging olahan, makanan instan dan makanan kaleng akan menurunkan resiko kerusakan pada ginjal.
    Perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk kesehatan ginjal. Selain itu hindari kebiasaan merokok dan minuman beralkohol. Hindari juga makanan yang mengandung zat pewarna sintetik dan zat pengawet.
  3. Aktif Berolahraga
    Olahraga nggak hanya untuk menjaga berat badan ideal saja namun membantu menurunkan resiko terkena penyakit ginjal seperti batu ginjal dan juga gagal ginjal. Olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang dan sebagainya. Usahakan juga untuk melalukan secara rutin minimal 30 menit setiap harinya. Aktivitas fisik membantu tubuh menjadi lebih bugar dan menjaga berat badan tetap stabil.
  4. Mengontrol Gula Darah
    Diabetes dan ginjal memiliki keterkaitan satu sama lain. Komplikasi dari diabetes adalah kerusakan pada ginjal. Ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan glukosa di dalam darah, maka ginjal akan bekerja lebih keras untuk menyaring darah. Kerja ginjal yang terlalu berat akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Jadi mengontrol kadar gula darah tetap satbil dapat menurunkan resiko kerusakan pada ginjal.
  5. Hindari Mengonsumsi Obat Sembarangan
    Mengonsumsi obat yang tidak sesuai dengan dosisnya dapat membahayakan fungsi ginjal. Obat yang dikonsumsi seperti obat analgetik yang tidak tepat dapat berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal.
    Mengonsumsi secara rutin obat antiinflamasi nonstreroid seperti ibuprofen dan naproxen seperti obat nyeri kepala atau nyeri sendi juga akan beresiko untuk fungsi ginjal. Konsumsi obat nyeri boleh namun harus sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter.
    Lakukan skrining ginjal secara rutin juga bermanfaat untuk mengetahui tingkat kesehatan ginjal.

Yuk mulai menjaga merawat dan menjaga kesehatan ginjal kamu. Karena ginjal yang terjaga dengan baik akan mempengaruhi kinerja organ tubuh sehari-hari




Kembali