Cukupi Air Putih Harian Kamu

Sahabat Batugin, tahukah kamu berapa banyak persentase kandungan air pada tubuh manusia? Berdasarkan penelitian, kandungan air dalam tubuh manusia terdapat sekitar 60 - 70 persen dari berat tubuh yang ada termasuk kulit, darah, jaringan tubuh, sel-sel, dan seluruh organ. Jika tubuh kekurangan cairan, untuk tetap menyeimbangkan kadar air, biasanya tubuh akan mengambil sumber air dari komponen tubuh lainnya, misalkan darah. 

Darah sendiri terdiri dari plasma darah yang 90% terdiri dari air dan sisanya mengandung ion dan protein. Saat tubuh mengambil cadangan air dari darah tersebut, maka kadar air dalam darah akan berkurang dan menjadi kental. Ketika darah mengental, perjalanan distribusi oksigen dan zat-zat makanan dapat terganggu hingga menyebabkan tubuh menjadi lemas. Adapun beberapa contoh dari efek samping tubuh yang kekurangan cairan, yaitu dehidrasi, kulit kering, batu ginjal hingga stroke. 

Dehidrasi menjadi salah satu efek samping tubuh yang kekurangan cairan, jika dehidrasi ini tidak segera diobati dan dikenali maka dapat berakibat fatal pada diri kamu sendiri. Ada beberapa kasus yang terjadi bahwa dehidrasi dapat menyebabkan timbulnya batu ginjal. Dalam hal ini ginjal telah melakukan penyulingan racun yang harus dikeluarkan melalui urin, namun tidak bisa dikeluarkan karena tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh untuk diubah menjadi urin.

Dengan menumpukkan racun atau zat-zat sisa makanan pada ginjal, maka akan akan berubah menjadi kristal hingga menjadi batuan yang dinamakan batu ginjal.

Cairan yang paling mudah dan gampang ditemui untuk dikonsumsi oleh manusia salah satunya adalah air putih. Air putih banyak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para praktisi kesehatan hingga dokter agar tubuh sehat dan cairan tubuh terpenuhi. Berikut manfaat mengonsumsi air putih yang baik untuk tubuh kamu secara keseluruhan.

  1. Meningkatkan kinerja daya otak dan menyediakan energi
  2. Menjaga kadar cairan tubuh
  3. Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh.
  4. Menjaga kesegaran kulit
  5. Membantu proses pembuangan zat sisa melalui keringat, urine, dan kotoran.

Untuk mendapatkan sejuta manfaat tersebut, kamu harus rajin mengonsumsi air putih sesuai dengan aktivitas, kebutuhan, serta gaya hidup. Sebuah organisasi kesehatan dari uni Eropa, The European Food Safety Authority (EFSA) merekomendasikan setiap orang harus mengonsumsi air putih sebanyak 1.6 liter untuk wanita, dan 2 liter untuk Pria yang bertempat tinggal pada wilayah beriklim sedang dengan aktivitas yang normal. 

Sebagai warga Indonesia yang tinggal di garis khatulistiwa, tubuh pastinya akan mengeluarkan keringat karena cuaca yang panas dan pastinya membuat cadangan air dalam tubuh dapat berkurang. Tidak hanya itu, cairan tubuh juga dapat menghilang saat kita bernafas, buang air kecil, hingga buang air besar. Maka dari itu, pastikan kembali tubuh kamu memiliki asupan cairan yang cukup untuk menutup cairan yang berkurang akibat aktivitas harian. Jangan sampai kekurangan cairan menyebabkan timbulnya Batu Ginjal yang bisa mengganggu aktivitas harian kamu. 

Yuk, mulai sekarang atur mindset kamu untuk selalu minum air putih ketika tenggorokan terasa kering sebagai salah satu sinyal bahwa tubuh kekurangan air putih. Dan selalu sedia Batugin di rumah atau di kantor ketika timbul anyang-anyangan yang membuat kamu tidak nyaman. Drink more water, be healthier!




Kembali