Hindari 3 Kebiasaan Buruk Ini Demi Kesehatan Ginjal

Sahabat Batugin, ginjal merupakan salah satu organ tubuh dengan ukuran tidak lebih dari kepalan tangan yang terletak di sepanjang dinding otot bagian belakang rongga perut. Walaupun ukurannya kecil, ginjal memiliki fungsi yang tidak kalah penting dari bagian tubuh lainnya. Yup, ginjal memiliki fungsi untuk menyaring zat-zat buangan atau limbah pada tubuh yang berasal dari makanan, obat-obatan, ataupun zat beracun yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, ginjal juga menyaring 200 liter darah setiap hari yang kemudian disaring dan menghasilkan sekitar 3 liter zat buangan yang harus dikeluarkan dalam bentuk urine melalui saluran kemih. 

Sudah terbayang dong seberapa penting fungsi ginjal pada tubuh? Kalau begitu, sekarang kamu harus merefleksikan diri mengenai gaya hidup kamu saat ini apakah sudah cukup baik untuk menjaga kesehatan ginjal untuk masa depan.

Jika sudah merasa baik pada gaya hidup yang dilakukan, terus pertahankan agar ginjal berfungsi baik disaat usia produktif kamu ya, Sahabat Batugin. Namun, jika kamu ragu apakah gaya hidup kamu buruk, yuk simak 3 kebiasaan yang harus segera kamu tinggalkan saat ini juga demi kesehatan ginjal.

  1. Merokok dan minum alkohol
    Sahabat Batugin, sebagian minuman beralkohol memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh seperti menurunkan resiko penyakit alzheimer dan parkinson. Namun, jika kamu berada dalam kategori pecandu aktif minuman beralkohol, ada baiknya mulai sekarang kurangi intensitasnya. Hal ini dikarenakan jika tubuh terus-menerus mengonsumsi alkohol, maka ginjal akan bekerja dengan sangat keras dalam menyaring racun hingga menyebabkan kerusakan ginjal kronis. Hal ini juga berlaku untuk kamu sang perokok aktif, sebaiknya kamu segera berhenti merokok karena semakin banyak batang rokok yang kamu hisap, semakin banyak pula protein yang masuk ke dalam tubuh. Banyaknya protein dalam tubuh bisa memberikan dampak buruk karena ginjal tidak bisa langsung memproses dan mengeluarkan protein itu melalui sistem ekskresi yang selanjutnya dikeluarkan melalui urin. 
  2. Konsumsi makanan olahan dan fast food
    Makanan olahan yang bisa dikategorikan sebagai makanan kaleng dan cepat saji ternyata memiliki efek yang buruk jika terus-terusan dikonsumsi oleh tubuh. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan mineral seperti fosfor dan sodium dapat mempengaruhi kinerja ginjal dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. 
    Selain itu, saat pengolahan makanan cepat saji pastinya menggunakan garam dan gula dalam takaran banyak sehingga dapat menstimulasi naiknya tekanan darah hingga timbulnya diabetes.
  3. Menunda buang air kecil
    Sahabat Batugin, apapun profesi kamu saat ini pastikan untuk tidak menunda buang air kecil ya. Pasalnya, menunda buang air kecil dapat menimbulkan berbagai ketidaknyamanan seperti adanya infeksi saluran kemih hingga batu ginjal. Jika kamu merasa ingin buang air kecil, segeralah ke toilet tanpa menunda waktu. 

Untuk menjaga kesehatan ginjal sebenarnya sangat mudah, bukan? Yang diperlukan hanya pola hidup sehat, makanan bergizi, serta minum batugin 1 gelas takar sehari atau 3-4 gelas takar per hari. Ginjal sehat, aktivitas lancar!




Kembali