Hindari Penggunaan Garam Berlebih Pada Makanan.

Batu Ginjal pada saluran kemih dapat terbentuk karena adanya gumpalan atau pembentukan kristal dari zat-zat seperti kalsium, fosfor, hingga garam yang terlalu banyak sehingga ginjal harus bekerja ekstra keras untuk mengolahnya.

Garam yang ada pada tubuh biasanya dihasilkan dari makanan yang dimakan oleh seseorang dengan kadar garam tinggi atau dengan kata lain tidak sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan.

Menurut WHO (World Health Organization), batas penggunaan garam per harinya adalah 5 gram atau setara dengan 1,5 sendok teh garam.

Garam memang punya peranan penting dalam rasa masakan, namun jika mengonsumsi garam berlebihan dapat terjadi penumpukan garam pada kantung kemih hingga akan  mengendap dan membentuk sebuah kristal yang disebut dengan Batu Ginjal.

Untuk mengurangi dan mengontrol penggunaan garam, Sahabat Batugin bisa ikuti 3 tips di bawah ini.

  1. Gunakan Rempah-rempah 

    Rempah-rempah yang berlimpah di tanah Indonesia menjadi salah satu alternatif dalam mengontrol penggunaan garam pada masakan kamu lho. Misalnya dengan memperbanyak penggunaan rempah-rempah seperti cabai atau lada, maka penggunaan garam dapat berkurang dengan maksimal. Hal ini dikarenakan ketika lidah sudah mengecap rasa pedas, maka rasa garam tidak diperlukan lagi.
  1. Masak di rumah

    Penggunaan garam pada masakan yang dijual di restoran biasanya tidak memikirkan takaran berapa banyak garam per hari, namun disesuaikan dengan rasa yang dihasilkan. Maka ada baiknya kamu mengolah masakan di rumah sendiri karena kamu bisa memodifikasi dan mengontrol berapa banyak garam yang masuk dalam makanan tersebut.
  1. Kurangi makanan kaleng dan minuman bersoda

    Jika memang ingin lebih simpel dalam hal mengolah masakan untuk hidangan, makanan kaleng memang menjadi pilihan yang baik. Namun, di dalam makanan kaleng terdapat kandungan garam dan gula yang tersembunyi alias tidak diketahui pasti berapa banyak yang digunakan. Untuk minuman bersoda, ada baiknya kamu mulai mengurangi minuman tersebut. Hal ini disebabkan karena soda yang masuk kedalam tubuh dapat meluruhkan kandungan kalsium pada tulang dan menumpuk pada saluran kandung kemih hingga akan menggumpal dan mengendap menjadi Batu Ginjal.Perlu diingat lagi ya Sahabat Batugin, kalau penggunaan garam yang berlebihan dapat membuat ginjal bekerja keras hingga garam tertumpuk dan mengendap pada kandung kemih dan membentuk Batu Ginjal. Ciri-ciri Batu Ginjal pada tubuh terasa sangat tidak nyaman, hingga menimbulkan berbagai macam sakit pada tubuh misalnya pusing, mual, hingga sakit pinggang. Jangan lupa untuk minum Batugin 3-4 kali sehari sebanyak 1 gelas takar agar buang air kecil lancar, Batu Ginjal hilang.



Kembali